KIM LARASATI KANIGORO MENDAPAT JUARA 3 DALAM LOMBA LCCK TINGKAT KOTA MADIUN

Gelaran Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tempatkan KIM Anyelir sebagai jawara LCCK Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Madiun tahun 2018, dan secara otomatis KIM Anyelir sebagai wakil Kota Madiun dalam seleksi administrasi tingkat propinsi bulan april mendatang.

Bertempat di halaman Stadion Wilis, stadion kebanggaan masyarakat Kota Madiun, digelar Grand Final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif tingat Kota Madiun, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari seleksi administrasi yang diadakan 2 hari sebelumnya yakni tanggal 20 maret yang lalu, yang menyisakan 3 terbaik dari 23 KIM yang ikut andil sebagai peserta seleksi administrasi KIM, yakni KIM Anyelir Kejuron, KIM Larasati Kanigoro dan KIM Turi Ceria Indah Oro-oro ombo yang msing-masing merupakan terbaik satu sampai tiga dari seleksi ketata laksanaan administrasi dan lomba blog KIM beberapa hari yang lalu.
grand%2Bfinal%2BLCCK%2BKIM%2BMadiun%2Bbabak%2Bii
Pengumuman nilai babak II LCCK KIM Tingkat Kota Madiun

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Subakri menyampaikan gelaran Lomba Cerdik Cermat Komunikatif merupakan sarana pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Kominfo sekaligus untuk memupuk semangat Kelompok Informasi Masyarakat se Kota Madiun, kegiatan ini rutin dan menjadi agenda tetap Dinas Kominfo untuk kegiatan pembinaan kepada KIM.

Ditambahkan juara pada gelaran grand final LCCK kali ini nantinya berhak untuk mewakili Kota Madiun dalam seleksi administrasi di Propinsi. Subari menaruh harapan besar kepada KIM Manapun yang nantinya menjadi juara akan membawa nama harum kota Madiun di gelaran LCCK tingkat Propinsi mendatang.

Walikota Madiun yang pada kesempatan kali ini berkenan membuka secara langsung Grand Final LCCK juga mengharapkan bahwa nantinya KIM yang menjadi juara memperoleh hasil yang lebih baik dari raihan LCCK sebelumnya yang telah di raih KIM Citra Taruna Kenanga Kelurahan Winongo yang tahun kemarin memperoleh juara II di tingkat propinsi pada gelaran yang sama.

Kehadiran KIM sebagai media masyarakat secara tidak langsung membantu deseminasi informasi baik darai pemerintah ke masyarakat maupun dari masyarakat ke pemerintah, karena menurut beliau meskipun OPD-OPD sekarang sdah memiliki sarana informasi belum semuanya bisa mengcover berita dan perkembangan yang ada di masyarakat secara utuh. maka kehadiran KIM ini bisa menjadi tambahan media warga dalam membangun informasi menuju kota Madiun yang Lebih Baik.

Tidak jauh berbeda dengan juknis Lomba Cerdas Cerdik Komunikatif dari Propinsi, LCCK Tingkat Kota pun di laksanakan sesuai tahapan yang ada harapannya ada kesiapan bagi KIM kota Madiun dalam menghadapi LCCK di tingkat propinsi mendatang. sesuai juknis dan tahapan lomba ynag ada LCCK dibagi menjadi 4 babak, yakni Babak Presentasi KIM, Babak Presentasi web dan media KIM, Babak Cerdik Cermat serta yang terakhir Babak Kominikasi Langsung atau yang lebih dikenal dengan fragmen KIM.

Juri pada perhelatan kali ini terdiri dari Ketua Forum KIM Kota Madiun, Ketua Relawan TIK , Akademisi, Ketua Pokja I PKK kota Madiun serta Budayawan, yang masing-masing bertanggung jawab atas babak demi babak. Pada babak Pertama KIM baik Regu A KIM Kanigoro, Regu B KIM Anyelir Kejuron dan KIM Turi Ceria Indah Oro-oro ombo mempresentasikan kegiatan KIM yang telah mereka lakukan di kelurahan masing-masing, pada babak ke II semua regu mempresentasikan blog dan media sosial yang dimiliki dalam menyebarluaskan dan mengembangkan literasi digital Kelompok Informasi Masyarakat.

Pada babak Ke III yang merupakan babak paling seru, pada babak ini dibedakan menjadi 2 sesi, pada sesi yang pertama masing-masing regu mengambil satu soal acak kemudian dari soal tersebut masing-masing regu harus bisa menjawab sesuai pertanyaan yang ada, babak ke III sesi kedua ini tak kalah seru karena pada babak ini merupakan babak adu cepat.
Pada babak ke IV atau babak pamungkas LCCK KIM, masing masing regu memvisualisasikan secara singkat berupa fragmen dengan durasi 5 menit aktivitas KIM dalam literasi digital sesuai tema LCCK kali ini yakni bersama membangun ekosistem internet bijak. Dari keempat babak dan dari penilaian dewan juri di masing-masing babak KIM Anyelir Kelurahan Kejuron memperoleh total nilai 1413 dan berhak menggondol juara I LCCK KIM Tingkat Kota Madiun disusul KIM Turi Kencana Indah kelurahan Oro-oro Ombo sebagai juara II dengan total skor 1300, dan dipenghujung KIM Larasati kelurahan Kanigoro dengan total skor 1223, dan hadiah diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun.

About Ester Krist

* Pengadministrasian umum Kel. Kanigoro kec Kartoharjo kota Madiun * Side job mc formal n informal * pengajar materi MC dan Public speaking untuk Taruna Taruni Akademi Perkeretaapian Indonesia

View all posts by Ester Krist →