Men sana In corpore sano bersama 3 Pilar di Kecamatan Kartoharjo

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, adalah ungkapan yang pas diberikan manakala kita bisa mensinergikan kebutuhan tubuh kita dengan olga. Sebagian orang beralasan karena mereka tidak punya banyak waktu luang, malas, atau mungkin mereka tidak berolahraga karena tidak ada seorang pun teman yang dapat menemaninya. Meskipun kita rajin mengonsumsi makanan yang bergizi, tanpa dibarengi olahraga manfaat yang didapatkan tentu saja tidak akan maksimal. Oleh karena itu, lakukanlah olahraga minimal sekali dalam satu minggu supaya tubuh tetap sehat, bugar, dan otot-otot tidak kaku.  Nah hari Jumat, 6Juli 2018 di Kecamatan Kartoharjo bersama anggota Polsek Kartoharjo, Koramil dan Puskesmas Oro – oro ombo kita bersama melakukan senam aerobic. Senam merupakan salah satu jenis olah raga yang mempunyai beragam variasi dan manfaat, baik bagi fisik, maupun mental dan social.

Dilansir dari berbagai sumber manfaat senam bagi fisik yaitu :

Senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Orang – orang yang terlibat senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, powernya, kelenturannya, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan. Apalagi  jika diimbangi dengan kegiatan yang menuntut sistem kerja jantung dan paru (cardio-vaskular system). Dengan melakukan olah raga senam secara teratur akan membuat kesehatan dan perkembangan fisik menjadi baik dan seimbang.

Manfaat  mental dan sosial
Diyakini bahwa terdapat sumbangan yang sangat besar dari olah raga senam dalam meningkatkan self-concept (konsep diri). Ini bisa terjadi karena kegiatan senam menyediakan begitu banyak pengalaman dimana orang mampu mengontrol tubuhnya dengan keyakinan dan tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga memungkinkan membantunya membentuk konsep yang posisitf.

Manfaat Senam Bagi Kesehatan
Setiap olahraga tentu baik untuk kesehatan, selama hal itu dilakukan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan diantara nya yaitu :

              1. Meningkatkan fungsi jantung

Gerakan senam yang dilakukan secara kontinyu dan berulang-ulang membuat jantung bekerja dengan lebih cepat. Bila dilakukan selama 20 menit, berarti Anda telah memulai langkah sehat untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda.

           2.Menurunkan berat badan

Selain menjalankan program diet sehat seperti membatasi jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh, kita juga bisa menurunkan berat badan dengan cara berolahraga. Supaya lebih cepat dalam membakar lemak, sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang banyak menggerakan anggota badan seperti halnya jogging dan juga senamn

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Percaya atau tidak, senam termasuk kedalam salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan penyebaran oksigen ke seluruh tubuh termasuk kebagian otak kita. Bilamana oksigen yang masuk ke otak terpenuhi dengan baik, maka fungsi otak kita akan meningkat dan secara tidak langsung fungsi kognitif pun akan ikut mengalami peningkatkan. Telah banyak para ahli yang menyatakan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak.

         4.Mengurangi stres dan meningkatkan mood

Karena dengan tubuh yang bugar kita mampu berpikir jernih

Diaakhir kegiatan juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas Oro oro ombo

Nah.. Tunggu apa lagi.. Yuk senam biar tubuh jadi bugar

About Ester Krist

* Pengadministrasian umum Kel. Kanigoro kec Kartoharjo kota Madiun * Side job mc formal n informal

View all posts by Ester Krist →