Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Kota Madiun

Bertempat di Gedung Aula Kecamatan Taman, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun menggelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Madiun tahun 2018, Pembinaan ini adalah yang pertama kali diadakan di tahun ini dan direncanakan akan digelar setiap bulan untuk meningkatkan sinergitas dan pemberdayaan KIM di Kota Madiun.

 

IMG_20180123_075523

 

Kegiatan kali ini dimaksudkan untuk sosialisasi City Branding Kota Madiun yaitu Madiun Kota Karismatik (baca : City Branding Kota Madiun ) sekaligus juga persiapan LCCK yang akan di gelar di tahun ini. dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri mengatakan Dinas Kominfo dan  KIM memiliki peran dan tangungjawab yang besar sebagai agen informasi seiring dengan dilauncingnya City Branding sebagawi wujud jati diri Kota Madiun. Ditambahkan Pembinaan Kali ini juga merupakan sosialisasi persiapan LCCK yang akan digelar di tahun ini.
WhatsApp%2BImage%2B2018-01-24%2Bat%2B11.02.01

 

Sesi berikutnya Paparan dan Persipan LCCK oleh Ibu Iroh S. selaku Pembina KIM beliau menjelaskan tahapan yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti seleksi administrasi yang nantinya akan digelar pada perhelatan LCCK di tahun ini. Penekanannya adalah pada seleksi administrasi dan literasi digital. harapannya KIM tidak hanya maju di Administrasi dan Pembukuan saja namun juga bisa menunjukkan eksistensi melalui literasi digital.
Pada kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk Restrukturisasi kepengurusan Forum KIM Kota Madiun yang habis masa baktinya di tahun 2017 kemarin. Dalam kesempatan itu terpilih dan tersusun Pengurus baru yang nantinya akan berkolaborasi dengan Dinas Kominfo Kota Madiun dalam menumbuh kembangkan peran KIM sebagai Media Deseminasi Informasi berbasis Masyarakat.
 Kepengurusan Forum KIM Kota Madiun
1. Pelindung     : Walikota
2. Pembina       : Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun
3. Ketua             : Agus Wijanarko
4. Ketua 2          : Sukorini
5. Sekretaris 1  : Ester Kristanti S
6. Sekretaris 2  : Arien
7. Bendahara    : Ninik
Bidang – Bidang :
1. Humas dan Koordinasi lintas sektoral : Joni
2. Bidang informasi dan komunikasi publik  : Yuli
3. Bidang SDM, Organisasi dan Pemberdayaan
    ekonomi kreatif : Suharyono
4. Bidang Sosial, seni budaya, media tradisional :
    Widowati
        Pada kesempatan yang sama juga di sisipkan hasil perwakilan Madiun yang kebetulan menghadiri Perhelatan Temu KIM Nasional (baca : Temu KIM Tingkat Nasional) yang diadakan beberapa bulan lalu utamanya adalah tentang harapan KIM se Nusantara Kedepan dan tugas rumah (PR) KIM kedepan
WhatsApp%2BImage%2B2018-01-24%2Bat%2B11.02.01%25281%2529Diakhir sesi pemateri dari Relawan TIK Kota Madiun memaparkan tentang literasi digital, Menurut Yosef selaku pemateri merupakan tanggung jawab bersama untuk memberikan edukasi atau pendidikan kepada masyarakat tentang internet sehat karena peran KIM dalam Citizen Jurnalism paling depan di Kelurahan Masing-masing, Pada kesempatan itu juga ditunjukkan beberapa kasus terkait pemanfaatan internet itu diantaranya tentang Cyber Bully serta Kejahatan Seksual melalui media internet.

About Ester Krist

* Pengadministrasian umum Kel. Kanigoro kec Kartoharjo kota Madiun * Side job mc formal n informal * pengajar materi MC dan Public speaking untuk Taruna Taruni Akademi Perkeretaapian Indonesia

View all posts by Ester Krist →