Apel siaga Linmas se kecamatan Kartoharjo jelang PILKADA Tahun 2018

Upaya menjaga keamanan saat Pilkada tidak hanya dilakukan petugas TNI-Polri.  Pemkot Madiun bersama masyarakat juga terus berupaya menjadikan Kota Madiun aman dan tertib selama Pilkada. Koordinasi Pemkot-masyarakat terus ditingkatkan. Tujuannya sama, demi Pilkada yang aman, lancar, tertib, dan damai.

‘’Masyarakat memiliki satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) yang menjaga keamanan paling tidak dilingkungan masing-masing. Mereka ini memiliki tanggung jawab yang sama dalam hal menjaga keamanan,’’ kata Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat Apel Kesiapan Satlinmas di halaman kantor Kecamatan Kartoharjo, Senin (25/6/2018).

Apel bersama, kata dia, sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat untuk mensukseskan Pilkada Kota Madiun. Masyarakat harus bahu-membahu bersama aparat keamanan dalam upaya menjaga kondusifitas selama gelaran Pilkada. Terutama di lingkungan sendiri. Lingkungan Kecamatan Kartoharjo. Situasi kondusif disaat tahapan pilkada di Kecamatan Kartoharjo merupakan bukti pemahaman pendidikan politik masyarakat setempat yang sudah baik.

‘’Situasi yang kondusif di Kota Madiun khususnya di Kecamatan Kartoharjo, suatu bukti bahwa masyarakat ingin maju, ingin membangun politik di Kota Madiun,’’ ujarnya.

Demokrasi menekankan kedaulatan berada di tangan rakyat. Ketika pilkada berjalan dengan aman, lancar dan sukses, kesadaran masyarakat berdemokrasi semakin meningkat. Namun, jangan sampai terlena. Kondusifitas Kota Madiun harus tetap dijaga agar pembangunan terus berjalan.

‘’Kemajuan dimulai dari pembangunan. Sedang, pembangunan dapat terlaksana kalau situasi aman dan kondusif,’’ tuturnya.

Walikota berpesan agar Linmas tetap menggunakan hak suara dengan sebaik-baiknya. Artinya, jangan sampai golput. Namun, Linmas juga diminta untuk tetap menjaga netralitas. Ini penting sebagai aparat keamanan lingkungan. Linmas diminta tidak mengarahkan masyarakat untuk memilih pasangan calon tertentu.

‘’Jangan sampai golput, dan jangan sampai mengintimidasi masyarakat untuk kepentingan paslon tertentu,’’ tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Rakor di aula gedung kecamatan Kartoharjo. Acara diawali dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia raya, sambutan Sek cam Kartoharjo dilanjutkan pelaksanaan materi.

Hadir sebagai pemateri bp.Sudarmono, S. Sos, Ketua PPK Bp. Fajar Hari, S. Pd dan Ketua Panwas Kecamatan Kartoharjo Bp. Anis

Penulis saat menjadi MC acara tersebut ?

About Ester Krist

* Pengadministrasian umum Kel. Kanigoro kec Kartoharjo kota Madiun * Side job mc formal n informal * pengajar materi MC dan Public speaking untuk Taruna Taruni Akademi Perkeretaapian Indonesia

View all posts by Ester Krist →