Pembinaan Kelompok Informasi masyarakat (KIM) Kota Madiun

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Anyelir Kelurahan Kejuron dipastikan bakal tampil total saat grand final Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) Jatim Kominfo Festival tahun ini. Berbagai persiapan dilakukan untuk menghadapi lomba tingkat Jawa Timur itu. Bahkan, Walikota Madiun turut memberikan pembinaan kepada anggota KIM yang akan tampil di grand final di Kabupaten Magetan 1-4 Oktober nanti itu. Pembinaan juga diberikan kepada anggota KIM Kridho Taruna Kelurahan Winongo yang akan menampilkan pertunjukkan rakyat (Pertura) dalam Jatim Kominfo Festival tersebut.

Pembinaan berlangsung menarik di hall Stadion Wilis, Selasa (24/9). Berbagai masukan mengemuka. Terutama terkait Pertura yang akan ditampilkan KIM Kridho Taruna. KIM Kelurahan Winongo itu akan menampilkan pertunjukkan rakyat berjudul Mustikaning Madiun. Drama ini mengisahkan sejarah Madiun dengan Raden Ayu Retno Dumilah sebagai tokoh utamanya. Di dalamnya juga ditampilkan Gerakan silat saat peperangan pasukan Retno Dumilah dengan pasukan Danang Sutawijaya alias Panembahan Senopati.

‘’Karena kota kita kota pendekar. Adegan silatnya harus lebih dimantapkan lagi. Yang tadi saya nilai masih kurang. Selebihnya sudah bagus,’’ kata Walikota Maidi.

Hal itu dirasa penting mengingat Silat Madiun sudah cukup dikenal luas. Masyarakat luar termasuk peserta KIM dari berbagai daerah di Jawa Timur tentu ingin melihat Silat Madiun secara langsung. Kesempatan itu harus dioptimalkan dan jangan sampai membuat penonton kecewa dengan suguhan yang biasa-biasa saja. Tak heran, walikota berharap adegan silat dapat semakin dimaksimalkan.

Sedang terkait LCCK, walikota berharap peserta juga terus berlatih dengan menambah wawasan. Sebab, LCCK lebih kepada adu wawasan tentang komunikasi. Apalagi, saat ini tengah babak grand final. KIM Anyelir Kejuron Kota Madiun akan berhadapan dengan KIM Kota Surabaya, Pasuruan, dan Pacitan.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →