Pelatihan Daur Ulang Sampah Untuk Siswa-Siswi SDN 02 Kanigoro

Sampah  selama ini cenderung diabaikan dan menjadi masalah lingkungan. Ternyata, bila  dikelola secara baik dan dimanfaatkan  seperti di buat kompos dan hasil kerajinan tangan,   sampah menjadi bernilai ekonomi.

Hal itu disampaikan ibu Astuti Sony dalam acara Pelatihan Pengelolaan sampah oleh Bank Sampah Mentari bersama SDN 02 Kanigoro, yang diselenggarakan Kamis (20/2).

Permasalahan sampah di Tanah Air, tampaknya semakin lama akan semakin rumit. Terlebih, saat ini pemerintah telah menerapkan kebijakan plastik berbayar dalam rangka mengurangi volume sampah. Kebijakan demikian bisa dimaklumi, mengingat sampah berbahan plastik sulit terurai. Sampah berbahan plastik akan menjadi persoalan besar jika tidak segera diatasi dengan baik.

Hari ini 27 siswa-siswi SDN 02 Kanigoro dan 3 pembimbing mengunjungi Bank Sampah Mentari Kanigoro belajar daur ulang sampah. Siswa – siswi diberi pelatihan cara membuat vas bunga, pot hidroponik, tempat pensil dari biji-bijian. Pelatihan seperti itu, kata Astuti Sony adalah untuk membantu merintah kota mengurangi dan mengatasi persoalan sampah yang ada. Mencoba membangun kesadaran masyarakat untuk peduli dengan sampah dengan menawarkan untuk cara kelola sampah agar mempunyai nilai ekonomi.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →