DINILAI POTENSIAL, KIM AKAN DILIBATKAN BAWASLU KOTA DALAM SEKOLAH KADER PENGAWASAN PARTISIPATIF DAN POJOK PENGAWASAN

Dengan target mengenalkan Bawaslu di masyarakat baik dari tupoksi maupun kegiatan Bawaslu. Kim harapannya membantu sosialisasi terkait pengawasan dan pendidikan kepemiluan” – Kokok Heru Purwoko, Ketua Bawaslu Kota Madiun

Madiun, 5/3/2020, berlokasi di Pojok Pengawasan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Madiun, sekali lagi Forum KIM diundang untuk menghadiri rapat bersama Bawaslu Kota Madiun.

Berbeda dengan pertemuan sebelumnya yang membahas tentang agenda kegiatan yang akan dan harus dilakukan Bawaslu Kota Madiun sepuluh bulan kedepani, pembahasan kali ini lebih kepada persiapan Memorandum of Understanding (MOU) antara Bawaslu Kota Madiun dengan Forum KIM Kota Madiun.

Dalam sambutannya, Kokok Heru Purwoko atau yang akrab disapa Kokok HP, Ketua Bawaslu Kota Madiun, mengatakan bahwa KIM sebagai media berbasis masyarakat yang ada dikelurahan dinilai sangat potensial untuk dijadikan mitra Bawaslu dalam pendidikan dan pengawasan partisipatif kepemiluan.

Hingga menurutnya akan lebih baik jika kemudian terdapat sebuat MOU antara Bawaslu dan Forum KIM dalam kegiatan kepemiluan kedepan khusunya adalah pada kegiatan Sekolah Kader Pengawasan partisipatif dan Pojok pengawasan yang nantinya harapnnya bisa diikuti oleh anggota KIM.

Yakobus Wasit Supodo Komisioner Bawaslu Koordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) yang kemudian mengambil alih rapat menjelaskan tentang hal-hal apa saja yang nantinya akan tertuang dalam MOU antara Bawaslu dan KIM yang nantinya bila ditemukan kesepakatan dalam pasal-pasalnya, launching akan dilaksanakan di bulan maret, yang kemudian dilanjutkan dengan SKPP.

Kemudian setelah kegiatan SKPP kegiatan berikutnya adalah launching Pojok Pengawasan yang akan dilaksanakan di bulan april, disalah satu kelurahan di Kota Madiun. sebagai tambahan informasi pojok pengawasan di Jawa Timur akan terdiri dari empat puluh dua titik pojok pengawasan, empat pojok pengawasan percontohan yang ditentukan Bawaslu Propinsi dan tiga puluh delapan yang nantinya tersebar di seluruh kota kabupaten di Jawa Timur.

Semoga dengan keterlibatan KIM dalam kepemiluan ini akan menambah peran KIM dalam jurnalisme warga yang mampu mengedukasi masyarakat tentang kepemiluan.

Tetap berinternet sehat, lindungi data pribadi dan keluarga agar tidak disalah gunakan pihak yang tidak bertanggung jawab, jauhi HOAX dan isu SARA demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tak lupa gempur rokok ilegal, AW-KIM Winongo

Diambil dari : Agus Wijanarko KIM Winongo

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →