MANTAPKAN PERSIAPAN ANUGERAH KIM BERPRESTASI 2020, DINAS KOMINFO GELAR RAPAT KOORDINASI

“Metode pemberdayaan yang efektif dimasa pandemi untuk menumbuhkan KIM dan menjaga eksistensi serta mengoptimalkan peran KIM sebagai pendekar informasi dan influencer pemerintah adalah dengan menyelenggarakan kompetisi yang memanfaatkan media internet” Dra. Robertha Juvita R., Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Madiun.

Madiun, 29/9/2020, keberadaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Madiun sebagai agen informasi yang tepat, cepat dan mudah masih perlu adanya pengembangan dan pemberdayaan, karenanya bertempat di Gedung Government Chief Information Officer (GCIO) Dinas Kominfo Kota Madiun yang terletak dijalan perintis kemerdekaan, Dinas Kominfo menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Anugerah KIM Berprestasi (AKB) 2020.

Dengan tujuan meningkatkan kemampuan KIM dalam menuangkan ide dan gagasan serta menggali potensi dan inovasi KIM, AKB tahun ini tetap digelar sebagai bentuk pemberikan apresiasi KIM yang telah berkiprah menjebatani kesenjangan komunikasi dan disinformasi yang terjadi di masyarakat.

Dalam laporannya, Juvita menjelaskan bahwa tahapan demi tahapan telah dimulai sejak bulan lalu, tahap awal mulai dari pernyusunan dan penentuan teknis lomba, menghimpun saran masukan, dan puncaknya pada hari ini penjelasan secara teknis yang dikemas dalam rapat koordinasi yang dihadiri Forum KIM dan Ketua KIM se-Kota Madiun sebagai upaya penyamaan persepsi dan penyampaian juknis lomba.

Iroh Sunirah, S.Sos. mewaki Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun, menyamapaikan tumbuh kembang kemandirian KIM menjadi tanggung jawab bersama, salah satu tolak ukur adalah lomba berjenjang. sejak tahun 2019 AKB telah digelar yang kala itu untuk mempersiapkan peserta LCCK KIM Tahun 2020.

Apresiasi Walikota Madiun atas digelarnya AKB tahun lalu menjadi titik awal kegiatan AKB tahun 2020 ini, walaupun saat ini masih dalam pandemi, motifasi untuk meningkatkan KIM terus menjadi hal yang akan dilaksanakan Dinas Kominfo.

Kepala Dinas Kominfo juga mengapresiasi KIM yg terus berpartisipasi dalam menyebarluaskan informasi di media masing-masing, baik di media web maupun medsos KIM yang terus dilakukan oleh KIM Kota Madiun

Lebih jauh Iroh Sunirah menjelaskan di AKB tahun 2020 ada 3 kategori sebagai bentuk pembinaan, sehingga mampu memberi semangat agar terus berperan sebagai pendekar informasi bijak.

KIM sebagai Pendekar informasi dituntut terus mengkampanyekan gerakan 3M, kiprah Kim secara nyata dalam masyarakat harus terus digelorakan untuk mendukung program Panca Karya, pungkas Iroh.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang membahas secara teknis tiga kategori lomba yang akan dilaksanakan mulai 1 oktober hingga 30 november tahun ini, Lomba Website KIM, Lomba Inovasi Literasi KIM dan Lomba Pewarta Warga.

Tetap berinternet sehat, lindungi data pribadi dan keluarga agar tidak disalah gunakan oleh orang tidak bertanggung jawab, serta jauhi HOAX dan Isu SARA demi persatuan dan kesatuan, serta tetap jaga kesehatan, patuhi protokol kesehatan dan gunakan selalu masker setiap keluar rumah.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →