PAKU TELUR, PUPUK ORGANIK DARI KULIT TELUR

Banyak cara yang dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh kita di masa Pandemi, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan bergizi, seperti telur. Nah limbah dari telur yaitu cangkang nya bisa kita manfaatkan sebagai pupuk organik yaitu Pupuk Alami Kulit Telur atau Paku Telur seperti inovasi siswa – siswi SDN 02 Kanigoro. Ada banyak pilihan pupuk alami yang bahkan dengan mudah kita buat dari sejumlah ‘limbah’ sehari-hari. Salah satunya, dari cangkang telur.

Cangkang telur mengandung kalsium yang bisa menjadi musuh utama tanaman seperti siput, hama putih dan beberapa jenis hama lain. Siput, keong dan slug (siput tak bercangkang) adalah hama tanaman yang sering memakan tanaman muda. Seringkali benih yang baru dipindahkan ke tanah habis dimakan oleh mereka. Cara mengatasi nya gampang saja, bisa mencoba dengan Pupuk kulit telur.

Cara membuat nya adalah:

  1. Masukkan cangkang telur yang sudah dibersihkan dari sampah ke dalam wadah berisi air.
  2. Aduk cangkang telur dan pastikan semuanya terendam air dengan tujuan agar protein yang masih melekat bisa berkurang atau bahkan hilang seluruhnya.
  3. Tambahkan baking soda untuk membuat cangkang telur semakin bersih dan tidak berbau amis.
  4. Setelah bersih, pindahkan cangkang telur ke wadah kosong yang telah disediakan. Hancurkan menjadi potongan yang lebih kecil untuk memudahkan proses pengeringan.
  5. Jemur cangkang telur di bawah sinar matahari langsung selama 2-3 hari atau hingga benar-benar kering.
  6. Setelah cangkang telur kering, haluskan dengan menggunakan palu atau blender hingga teksturnya halus. Setelah itu, pupuk cangkang atau kulit telur untuk tanaman hias aglonema, keladi, janda bolong, philodendron, dan lainnya, sudah siap digunakan.

selamat mencoba 😁

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →