PENYERAHAN THROPY DAN SERTIFIKAT PROKLIM UTAMA NASIONAL TAHUN 2021

MADIUN – Bertempat di Ngrowo Bening ( 27/10 ) bersaaman dengan Apel Kesiapsiagaan Bencana Hidrometereologi  2021, dilaksanakan penyerahan penghargaan Thropy dan sertifikat Program Kampung Iklim ( PROKLIM ) Tahun 2021 kepada 6 ( enam ) kelurahan di Kota Madiun . Proklim adalah Upaya pengendalian perubahan iklim yang dilaksanakan secara global, merupakan salah satu agenda prioritas dunia untuk menyelamatkan kehidupan di bumi dan mengamankan keberlanjutan pembangunan nasional. Guna tercapainya target pengurangan emisi Gas Rumah Kaca dan meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim.

Kelurahan Pandean dan Kelurahan Taman mendapatkan Thropy Proklim Utama Nasional tahun 2021, sedangkan 6 Kelurahan pemerima sertifikat Proklim Utama Nasional Tahun 2021 yaitu Kelurahan Kanigoro, Kelurahan Klegen, Kelurahan Kartoharjo dan Kelurahan Pangongangan. Perjuangan untuk mendapatkan penghargaan Proklim tidak lah mudah dan butuh perjuangan keras dari berbagai sektor. Mulai dari upaya Adaptasi dalam Proklim yaitu kegiatan yang terkait dengan upaya masyarakat dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim yang tidak dapat dielakkan, berlanjut dengan mitigasi pada kawasan yang berupa  kegiatan pencegahan penyebab perubahan iklim sekaligus mengurangi peningkatan emisi gas rumah kaca ke atmosfer.

Dilanjutkan dengan Kelembagaan ProKlim yang merupakan kegiatan berbasis sehingga penguatan kelembagaan merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan ProKlim. Kelompok masyarakat yang terdapat pada lokasi ProKlim merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan kegiatan adaptasi dan mitigasi di tingkat tapak. Semoga  dengan telah diterimanya Trophy Proklim Utama Nasional Tahun 2021 mendorong pegiat kader lingkungan untuk menciptakan kawasan bumi hijau dan lestari untuk generasi penerus.  

Salam bumi lestari….

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →