Jaring minat warga lewat lomba Catur antar Paguyuban

MADIUN – Olahraga catur rupanya masih digemari masyarakat. Hal ini terbukti dari gelaran Lomba Catur Antar Paguyuban Warung Catur dan Open Turnamen Catur Perorangan di Lapak UMKM Kampir Kanigoro, Minggu (29/5).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wali Kota Madiun Maidi. Juga, Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Istono selaku bapak asuh catur di Kecamatan Kartoharjo.

Tampak ratusan orang memadati pusat kuliner di sebalah Lapangan Kampir tersebut. Mereka mengikuti dan menonton pertandingan final yang telah dimulai sejak 3 bulan lalu itu.

Ketua Umum Percasi Kota Madiun Satrio Teguh Pranowo menuturkan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menarik minat masyarakat. Terutama, bagi olahraga catur.

“Di Madiun ada 3 paguyuban warung catur besar. Masing-masing di Kecamatan Kartoharjo, Manguharjo, dan Taman. Ini kami lombakan untuk meningkatkan semangat penggemar catur,” tuturnya saat diwawancarai.

Untuk lomba catur antar paguyuban dilakukan dengan beregu. Masing-masing regu ada lima anggota. “Yang mengikuti grand final hari ini sudah terpilih 2 regu dari masing-masing paguyuban,” jelasnya.

Selain lomba beregu, juga diselenggarakan pertandingan catur perorangan yang diikuti oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan usia. Bahkan, yang termuda ada yang berusia 8 tahun.

Ke depannya, lomba yang terselenggara dari swadaya masyarakat ini diharapkan bisa terlaksana. Tidak hanya di Lapak Kampir, tapi juga keliling ke tempat ikonik lainnya di Kota Pendekar.

“Ke depannya kami harap bisa menyelenggarakan untuk usia anak-anak sekolah sebagai salah satu upaya pembibitan atlet catur profesional,” tandas

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →