PAGELARAN WAYANG KULIT DI KELURAHAN KANIGORO

Wali Kota Madiun Maidi kembali menggelar event untuk menghibur masyarakat. Yakni, pesta rakyat di Lapak UMKM Kampir, Kelurahan Kanigoro, Minggu (13/11).

Pesta rakyat pun semakin meriah dengan Pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Gatotkaca Kalanjaya oleh Dalang Bayu Aji.

“Kemarin kelurahan ini berhasil menang lomba tingkat nasional. Maka, kami selenggarakan acara ini sebagai hadiah bagi masyarakat,” ujar wali kota.

Menurut wali kota, event pagelaran wayang kulit sejatinya diselengarakan di balai kota. Namun, kemudian lokasi dipindah ke Lapangan Kanigoro.

“Ini juga upaya untuk meramaikan lapak,” jelasnya.

Acara pun dibuka oleh wali kota dengan menyerahkan tokoh wayang Gatotkaca kepada Dalang Bayu Aji. Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan Jawa.

“Juga termasuk nguri-nguri budaya. Mulai dari nyanyi lagu tradisional, ada juga pertunjukan seni tari,” imbuhnya.

Pagelaran wayang kulit dengan lakon Gatotokaca Kalanjaya berkisah tentang perjalanan hidup Ksatria bernama Gatotkaca yang merupakan putra Werkudara. Dimulai ketika masih bayi, harus merelakan kehilangan masa kanak-kanak nya, untuk digembleng dan digodok di kawah Candra Dimuka oleh Bathara Narada, untuk dijadikan ksatria dewasa yang tangguh, sakti mandra guna, jagonya para dewa di Kahyangan.

Cerita pewayangan yang dibawakan dalang kondang asal Surakarta, Jawa Tengah tersebut, banyak mengupas filosofi hidup yang ada di Nusantara. Ini sebagai dasar kearifan lokal bangsa ini, yang perlu terus di gali demi menjaga kesenian tetap lestari.

“Saya terimakasih sekali, semangat warga malam ini kita hibur, sehingga kelurahan lain biar ikut semangat. Kita pesta rakyat kecil-kecilan tapi semua senang,” tandasnya.

Dalam event tersebut, wali kota juga menggelar Warung Tekan Inflasi untuk memudahkan masyarakat mendapatkan sembako murah.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →