LOMBA SATKAMLING KELURAHAN KANIGORO

KANIGORO- Dalam rangka menumbuhkan semangat warga untuk menjaga lingkungan dari ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat ( 25/5 ), warga RT17 RW 04 Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun menjadi nominator Lomba Satkamling Tingkat Kota Madiun Tahun 2023. Penilaian LombaSatkamling dititik beratkan kepada peran serta masyarakat yaitu kegiatan Poskamling yang ada di masyarakat.

Kesiapsiagaan dapat terlihat bagaimana warga menampilkan simulasi saat menghadapi warga yang mabuk dan berujung perkelahian. Ada sesuatu unik yang ditampilkan oleh BREM ( Bolo Reptil Madiun ) Kanigoro saat edukasi berbagai jenis ular. Mulai dari ular Tali Wongso atau Cincin Mas dengan bisa menengah , ular hijau ekor merah ( Insul / Truno Bamban ) yang terkenal dengan bisanya yang tinggi, ular Sun Fire gen Phyton sepanjang 3 meter dan ular Pucuk / Ular Daun yang tidak berbisa. Perlu di ketahui bahwa Kelurahan Kanigoro telah dikukuhkan sebagai Kelurahan FPRB ( Forum Pengurangan Resiko Bencana) dan merupakan Base Camp dari BREM dengan Ketua Moch Surawi yang juga merupakan anggota Linmas Kanigoro, dimana sering melaksanan edukasi ular serta me rescue ular sesuai dengan panggilan warga yang membutuhkan.

Simulasi dilanjutkan degan ular jenis Phyton atau Sanca Kembang yang tidak berbisa, baru di rescue oleh BREM sekitar 2 ( dua ) hari yang lalu , jadi masih liar dan ganas. Diperagakan bagaimana jika ular masuk ke rumah warga yang harus di lakukan adalah :

  1. Jika Tidak mempunyai grap stick dapat Merescue dengan menggunakan sapu
  2. Dengan menggunakan karung
  3. Untuk tempat yang biasanya dilewati oleh ular hendaknya di taburi dengan wewangian ( kapur barus )

Warga RT 17 Kanigoro menyambut antusias kegiatan tersebut, dan berharap bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Hadir dalam acara tersebut BKO Polres Madiun Kota Ibtu Bekti, Kabid Trantibum Sat Pol PP dan Damkar Kota Madiun, Lurah Kanigoro, Ketua LPMK dan Babin Kamtimbmas Kanigoro serta Babinsa Kanigoro .

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →