Gemar budaya membaca pada anak usia dini sebagai penguatan Literasi dasar

Masyarakat modern tidak akan berkembang tanpa memiliki ilmu pengetahuan. Menurut para pakar, yang terpenting tak sekadar memiliki ilmu pengetahuan, tapi juga proses memilikinya dan memanfaatkannya.Sebagaimana kita ketahui, proses belajar itu sebagian besar adalah melalui membaca. Ilmu pengetahuan yang berkembang secara cepat itu tidak mungkin lagi dapat dikuasai  melalui proses mendengar atau transisi  dari seorang guru, misalnya, tetapi harus lewat membaca.

Hari ini ( 28/7) bertempat di kelurahan Kanigoro dilaksanakan JUMBA atau Jumat membaca. Program ini dilaksanakan tiap bulan, kali ini dihadiri oleh murid – murid PAUD Misfalah Kelurahan Kanigoro serta mobil Perpustakaan Keliling Kota Madiun, hadir pula TP PKK Kecamatan Kartoharjo dan Kelurahan Kanigoro. Anak – anak dikenalkan kepada kebiasan gemar membaca, dimana dengan membaca bisa memberi arti kepada dunia. Dengan membaca akan melahirkan generasi  yang belajar (learning society). Acara JUMBA seperti biasa diawali dengan senam bersama, setelah itu dilanjutkan membacakan cerita dari buku yang telah dipilih. Membacakan buku atau mendongeng dengan tokoh boneka menambah minat anak untuk mendengarkan.

Membaca adalah kaki kita. Makin gemar membaca maka makin kita memperoleh kaki yang kokoh dan kuat. Makin kita membaca makin hidup kita berkaki. Dengan membaca membuat hidup lebih bermakna.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →