SOSIALISASI PRA KEHAMILAN

KANIGORO- Minggu ( 13/8 ) di Gedung Pertemuan Kelurahan Kanigoro diadakan Sosialisasi Pra Kehamilan dengan Narasumber dari Denkesyah. Acara Sosialisasi yang dihadiri oleh KKN Mahasiswa Unipma Madiun dengan tujuan memberikan informasi dan meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh, keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir dan Akta kelahiran.

Kehidupan pernikahan yang bahagia dan mempunyai keturunan yang sehat, cerdas adalah dambaan setiap orang.  Akan tetapi tak jarang  banyak permasalahan yang timbul  dalam pernikahan, salah satunya masalah Kesehatan. Sebagai contoh adalah masalah infertilitas , kehamilan berisiko, bayi lahir tidak sehat, keguguran, dll. Oleh karena itu sangat penting sebelum pernikahan untuk mempersiapkan Kesehatan reproduksi

Adapun manfaat penyuluhan ibu hamil bagi ibu hamil dan calon pengantin merupakan sarana untuk membantu ibu dalam menghadapi persalinan dengan aman dan nyaman. Melalui beberapa hal yaitu :

1. Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan Kesehatan ini dilakukan idealnya adalah 3 bulan sebelum tanggal pernikahan.  Manfaatnya untuk :

  • Mengetahui status kesehatan calon pengantin (catin)
  • Memberikan waktu pengobatan apabila ditemukan masalah kesehatan
  • Mencegah penularan penyakit kepada pasangan
  • Mempersiapkan kehidupan rumah tangga yang sehat
  • Mempersiapkan kehamilan dan menghasilkan keturunan yang sehat dan berkualitas

2. Persiapan gizi

Persiapan gizi perlu dilakukan sebelum menikah, ini berkaitan dengan persiapan kehamilan, dimana proses kehamilan membutuhkan cadangan nutrisi dari ibu. Persiapan gizi meliputi penentuan status gizi dan pemenuhan gizi seimbang.

4. Menjaga Kesehatan organ reproduksi

  • Usahakan organ kemaluan dalam kondisi kering, setelah BAB/BAK lap dengan menggunakan tissue/  handuk yang lembut, kering, bersih, hal ini untuk menghidari timbulnya jamur diarea kemaluan
  • Memakai celana dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat/ katun
  • Pakaian dalam diganti minimal 2 kali dalam sehari
  • Bagi perempuan, sesudah buang air kecil, membersihkan alat kelamin sebaiknya dilakukan dari arah depan menuju belakang agar kuman yang terdapat pada anus tidakmasuk ke dalam organ reproduksi.
  • Pada saat haid , seringlah mengganti pembalut paling lama setiap 4 jam sekali
  • Bagi laki-laki, dianjurkan untuk dikhitan atau disunat agar mencegah terjadinya penularan penyakit menular seksual serta menurunkan risiko kanker penis.

5. Menjaga Kesehatan jiwa

Sebelum menikah, calon pengantin harus mempersiapkan mental. Karena pada saat pernikahan akan banyak terjadi penyesuaian terhadap karakter pasangan, penyesuaian peran, ekonomi dan sosial. Oleh karena itu sangat penting bagi catin untuk menjaga kesehatan jiwanya sebelum menikah

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →