VERIFIKASI LAPANGAN LOMBA GO GREEN AND CLEAN TINGKAT KOTA MADIUN TAHUN 2023

KANIGORO-Kegiatan Go Green and Clean ( 25/10 ) adalah sebagai salah satu cara untuk mendorong peran aktif masyarakat untuk mengembangkan pelestarian lingkungan hidup dengan menanami setiap jengkal lahan tidur dengan tanaman produktif. Selain itu Go Green and Clean juga diharapkan dapat menciptakan lingkungan   yang bersih, nyaman, sehat,  lestari dan indah menuju masyarakat madani dengan   melakukan pengelolaan sampah dengan sistem 3 R   ( reduce, reuse dan recycle) melakukan pemilahan dan komposting ( komposter ) serta pemilahan dan penyaluran sampah plastik (anorganik ) melalui bank sampah .

Kelurahan Kanigoro mengajukan 2 wilayah yaitu :

RT 3 RW I dan RT 19 RW V , dimana wilayah tersebut mempunyai kemandirian dalam pengelolaan lingkungan. Tak hanya itu masing – masing lokasi juga mempunyainurban farming yang di unggulkan di wilayah tersebut

RT 03 RW I mempunyai inovasi dengan memberdayakan sumber alam di wilayah tersebut, yaitu pembuata n cin cau yang keseharian nya di jual di depan Pasar Kojo. selain itu ada lilil aromateraphy dari sisa minyak dan lilin bekas. Juga ada Jare genis ( jahe, sere, kayumanis ) dari lansia produktif.

RT 19 RW V mempunyai inovasi diantara nya yaitu Sabun Binahong supaya wajah glowing alami, Jamu Ben Ethes, Kopi Greng, Jampi Jeng Marni, Jamu Telang, Jamu Kunir asem dll. Urban Farming diangkat dengan penganeka ragaman hayati di lahan tebuka, ternak madu, ternak lele, aquaponic, ayam bekisar dan masih banyak lagi.

Salam bumi lestari, hijau lingkungan ku

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →