Musrenbang Kelurahan Kanigoro

Musrenbang dilakukan untuk menyusun sejumlah rencana pembangunan di suatu wilayah seperti menentukan anggaran dan kegiatan pada tahun berikutnya.

Tujuannya Musrenbang agar aspirasi dan kebutuhan masyarakat dapat terakomodasi ke dalam proses perencanaan untuk tahun berikutnya yang dilakukan pemerintah setempat.

Arah pembangunan Kota Madiun tahun 2025 mulai dirancang  seiring safari Musyawarah Perenencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan di Kecamatan Kartoharjo, Selasa (9/1/2024). Kualitas pelayanan mobilitas masyarakat masih menjadi prioritas dalam usulan.

‘’Sebenarnya hampir seluruh usulan sudah selesai. Ada beberapa usulan masyarakat yang terlewat program APBD 2024 kami tampung untuk direalisasikan,’’ kata Wali Kota Madiun, Maidi saat memimpin Musrenbang di Lapak Kampir, Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Lebih lanjut  menyatakan, ada beberapa usulan masyarakat yang kemungkinan bisa dilaksanakan tahun ini. Yakni, melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2024 nanti. Namun, usulan terlebih dahulu dipilah menimbang tingkat urgensinya. 

‘’Seperti plengsengan sungai yang mulai menggerus tanah makam. Ini darurat dan diupayakan masuk PAK dan dilaksanakan tahun ini,’’ ungkap Maidi. 

Tak hanya perbaikan atau pavingisasi jalan dan gang, titik-titik PJU juga bakal diperluas. Khususnya, di wilayah pinggiran kota. ‘’Semua harus diusulkan agar dapat terselesaikan,’’ pungkasnya

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →