Pelatihan Pemanfaatan Sumber Daya Alam di pekarangan untuk kesehatan

Salah satu tujuan Program TPBIS ( Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ) adalah  pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup. Terkait dengan hal tersebut, Perpustakaan Lantib Kanigoro mengadakan Pelatihan Pemberdayaan Sumber Daya Alam di Pekarangan untuk Kesehatan dengan narasumber Pelaku UMKM Jamu Jeng Marni 

Program TPBIS selain mendekatkan Perpustakaan kepada masyarakat juga berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan.

Pelatihan pembuatan minuman kesehatan dari Bunga Telang kali ini, ibu-ibu PKK Pokja 3, anggota Perpustakaan dan anggota KIM Larasati diajarkan untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. 

Butterfly Pea,  atau bunga Telang keindahannya tidak hanya memikat mata, tetapi juga menyimpan kekayaan fitokimia yang menjadi kunci manfaat kesehatannya. Dengan warna birunya yang menawan dan bentuk yang menyerupai keindahan alam, bunga telang menyajikan keistimewaan melalui senyawa-senyawa unik didalamnya.

Berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan yang kita rangkum dari beberapa sumber.

1. Mengurangsi Resiko Diabetes

2. Mengatasi masalah pernapasan

3. Antioksidan alami 

4. Meningkatkan kesehatan mata

5. Meningkatkan imun tubuh

6. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Dll.

Dalam pelatihan kali ini Jeng Marni memberikan resep minuman kesehatan dari Bunga Telang dan lemon. Dikesempatan ini juga Taman Baca Smart Sengkaling Malang juga memberikan bantuan buku kepada Perpustakaan Lantib Kanigoro.

Untuk selengkapnya simak acara nya melalui :

Mozaik Indonesia RRI Pro 1  FM 105,5

Hari Minggu, 11 Januari 2024 , dengan Nara sumber Jeng Marni, Ketua TP PKK Kelurahan Kanigoro Yenie Purnawati , Pustakawan Lantib Kanigoro Ester Kristanti.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →