TALKSHOW LITERASI DI LLPL RADIO SUARA MADIUN “PERAN KIM DALAM MENSUKSESKAN SENSUS PENDUDUK TAHUN 2020”

Sensus Penduduk online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari s/d 31 Maret 2020, sejauh mana Peran KIM Kota Madiun dalam mensukseskan program pemerintah tersebut diulas dalam Talkshow Literasi, di LPPL Radio Suara Madiun ( 26/2 ). Hadir sebagai Narasumber dari KIM Kelurahan Kanigoro , Ester Kristanti, dimana tahun 2019 KIM Kanigoro menempati peringkat 1 Kelembagaan KIM se kecamatan Kartoharjo. Narasumber ke 2 dari KIM Pilangbango, Desi Ratnasari, dimana tahun lalu mendapat peringkat ke 2 Kelembagaan KIM se Kecamatan Kartoharjo.

Peran KIM sebagai penyalur informasi baik secara horizontal, bottom up dan bottom down merasa perlu menyampaikan kepada masyarakat untuk mengisi sensus penduduk secara online. Banyak cara yang telah dilakukan, seperti KIM Kanigoro yang sering menyampaikan link sensus penduduk kepada WA grup RT, RW, PKK serta grup yang lain . Bukan hanya itu tidak segan KIM mengajak kepada warga yang ingin disikan sensus penduduk untuk datang ke kelurahan, nanti akan dibantu untuk mengisikan, cukup dengan membawa KTP, KK dan Akte Nikah/ cerai. Selain itu beberapa waktu yang lalu Kelurahan Kanigoro juga menghadirkan Nara sumber dari BPS untuk membantu warga tentang cara pengisian Sensus Penduduk online.

Untuk membangun satu data  kependudukan diperlukan sinkronisasi antara data dari Dukcapil Kemendagri  yang  de jure dan teregistrasi sesuai  dokumen kependudukan, dengan BPS yang dilakukan secara de facto melalui sensus penduduk. Mari sukseskan program pemerintah tiap 10 tahunan ini dengan memberikan jawaban secara benar.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →