Kisah Pak Dayat Penggali kubur Kelurahan Kanigoro

Tunggu BST Cair, Dayat Dapat Sembako Hasil Donasi Agar Dapur Tetap Ngebul

MADIUN – Masyarakat tampaknya harus sedikit bersabar terkait bantuan sosial terdampak Covid-19. Sebab, bisa jadi masyarakat terdaftar di program bantuan lain ketika tak mendapatkan bantuan saat pembagian. Seperti yang terjadi pada Dayat warga Kelurahan Kanigoro, Kota Madiun ini. Pria 53 tahun itu ternyata terdaftar dalam program Bantuan Sosial Tunai (BST). Tak heran, dirinya tak tercover dalam bentuk bantuan lain termasuk bantuan sembako.

‘’Jadi memang diupayakan agar tidak terjadi tumpang tindih bantuan. Kalau sudah tercatat dalam satu jenis bantuan, diupayakan tidak terdaftar dalam program bantuan lain,’’ kata Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Madiun Noor Aflah, Selasa (5/5).

Biasanya, lanjut dia, masyarakat sudah berkomentar karena tidak mendapat bantuan. Hal itu wajar mengingat penyaluran bantuan dari sejumlah program tersebut tidak bersamaan. Maklum, sumber bantuan juga berbeda. Di Kota Madiun, Pemkot setempat sudah menyalurkan bantuan sembako kepada 7.478 penerima. Sedang, BST sebesar Rp 600 ribu perbulan itu bersumber dari pemerintah pusat yang masih dalam proses.

‘’Karena beda program dan beda sumber anggarannya, waktu penyaluran bantuan juga berbeda. Ditunggu dulu,’’ imbuhnya.

Kendati begitu, Pemkot Madiun ogah menutup mata. Dayat juga diberikan bantuan sembako sembari menunggu BST cair. Bantuan sembako tersebut merupakan hasil donasi masyarakat. Selain bantuan dari pemerintah daerah dan pusat, Pemkot Madiun memang juga menyalurkan bantuan hasil donasi masyarakat. Bantuan dari donasi itu memang disiapkan bagi masyarakat membutuhkan yang belum tersentuh bantuan. Harapannya, dapur tetap ngebul.

Petugas Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan Kanigoro Wulandari menyebut Dayat sudah masuk usulan penerima sejak sebulan yang lalu. PSM memang yang paling bersentuhan dengan masyarakat bersama ketua RT dan RW. Artinya, petugas memahami benar kondisi masyarakat.

‘’Kalau memang layak pastinya kita usulkan. Termasuk pak Dayat. Beliaunya juga kita usulkan untuk BPNT daerah,’’ terangnya.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →