Penyaluran sembako Bulog di kelurahan Kanigoro

Operasi Pasar Saat Pandemi: Pakai Sistem Pemesanan, Barang Didrop di Kelurahan

MADIUN – Operasi pasar di Kota Madiun sedikit berbeda di tengah pandemi Covid-19 ini. OP yang biasa berlangsung di pasar, berganti di kantor-kantor kelurahan kini. Sistem yang digunakan juga berbeda. Masyarakat wajib melakukan pemesanan barang kebutuhan yang akan dibeli terlebih dahulu. Itu seperti yang terlihat di Kantor Kelurahan Kanigoro, Rabu (6/5).

‘’Berdasar surat dari bapak sekda, sistemnya tidak berkerumun seperti biasanya. Tapi dipesan dulu baru dikirim,’’ kata Lurah Kanigoro Sumiran.

Artinya, barang kebutuhan yang di droping Bulog Madiun sesuai dengan pesanan masyarakat. Baik jenis maupun jumlahnya. Masyarakat yang sudah memesan tinggal mengambil sewaktu-waktu. Sumiran menambahkan droping barang dijadwalkan hari ini. Namun, masyarakat dapat mengambilnya besok, lusa, atau di hari lain.

‘’Jadi memang biar tidak berkerumun. Kalau ada yang datang berbarengan kita minta berjarak dan pakai masker,’’ imbuhnya.

Sumiran menambahkan pihaknya sudah menginfokan terkait OP kepada masyarakat sebelumnya. Mereka yang ingin beli cukup memesan lewat ketua RT masing-masing. Data yang terkumpul di RT lantas diberikan ke kelurahan untuk diteruskan ke Dinas Perdagangan Kota Madiun. Dinas langsung berkoordinasi dengan Bulog untuk jadwal pengiriman. Sedang, sistem pembayarannya bisa kolektif di Ketua RT atau langsung melakukan pembayaran saat pengambilan di kelurahan.

‘’OP sejatinya cukup diminati masyarakat karena harganya di bawah harga pasar. Apalagi, saat ini mendekati lebaran,’’ ungkapnya.

Berikut harga sejumlah barang kebutuhan dalam Operasi Pasar

  1. Beras medium Rp 8.100/Kg (kemasan 50 Kg)
  2. Beras medium poles Rp 9.000/Kg (kemasan 5 Kg)
  3. Beras premium ex.sakti Rp 9.500/Kg (kemasan 5 Kg)
  4. Beras premium Rp 10.500/Kg (kemasan 5 Kg)
  5. Gula kemasan polos Rp 12.500/Kg (kemasan 1 Kg, maksimal 2 Kg tiap KK)
  6. Minyak goreng kita Rp 12.500 (kemasan 1 liter)
  7. Tepung terigu kita Rp 8.000/Kg (kemasan 1 Kg)

Operasi pasar di kelurahan dengan sistem pemesanan ini juga berlangsung di kelurahan lain. Namun, dengan jadwal masing-masing. Masyarakat yang berminat bisa menghubungi kantor kelurahan masing-masing. (dhevit/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →