Workshop Penyiaran bagi Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) dan Pegiat Media Sosial di Jawa Timur

Era Informasi diperlukan keterbukaan informasi atau era Post Truth mengharuskan masyarakat harus pandai memilih dan memilah. Kegiatan workshop penyiaran bagi media komunikasi berbasis masyarakat dilaksanakan di Bakorwil I Madiun ( 11/8 ).
Acara dibuka oleh Plt Kepala Bakorwil I Madiun sekaligus Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Drs Benny Sampirwanto. Menghadirkan 4 Narasumber yaitu: Gani Kartiwa Adiwisastra ( Konsultan Komunikasi Publik ), Gandhi Wicaksono, S.Ip ( bidang Sosialisasi dan literasi media KPID Jawa Timur), Dr Meithiana Indrasari, ST, MM ( Rektor Unitomo), Drs Eko Pamudji ( Sekretaris PWI Jawa Timur). Dalam sambutannya Plt Bakorwil I mengatakan” Post Truth adalah era dimana kebenaran dan rasional yang digunakan, keterbukaan informasi diatas segalanya, namun masyarakat dituntut cerdas memilih berita atau good news”.

Kiat atau strategi yang harus dlakukan untuk membuat konten supaya disukai menurut Gandhi Wicaksono yaitu kontroversi, konten yang tidak pernah ada dan cara mengolah berita. Hal – hal yang biasa nya menjadi pelanggaran di Radio Komunitas menurut KPID adalah Iklan Dewasa yang tidak sesuai dengan jam penyiaran. Lebih lanjut menurut Eko Pamudji, diperlukan media sebagai penyeimbang sehingga menjadi jurnalisme yang harmoni, supaya media bisa nyengkuyung atau bersinergi dengan pemerintah.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →