KARTINI DI MASA PANDEMI

Hari Kartini tahun ini masih di tengah pandemi. Di saat wabah corona  masih melanda, peran perempuan semakin tampak nyata. Mereka bergerak di hampir semua lini. Perjuangan Kartini harus menjadi ide perubahan bangsa. Apalagi di era zaman ‘now’, peringatannya jangan lagi sekadar seremonial tahunan yang dirayakan dalam seminar dan ruang diskusi, tetapi dapat diaktualisasikan memajukan perempuan dalam berbagai sektor dan berperan aktif meningkatkan pemberdayaan perempuan Indonesia.

Di masa pandemi saat ini, peran Kartini semakin dibutuhkan baik dalam masyarakat maupun keluarga.  Kartini tidak berjuang hanya untuk dirinya sendiri, namun beliau berjuang untuk perempuan-perempuan lain dalam memperoleh persamaan hak dan kesempatan untuk maju dan berperan positif dalam keluarga, masyarakat, negara dan dunia.

Dalam salah satu suratnya, Kartini pernah mengatakan ” Tubuh boleh terpasung, tapi jiwa dan pikiran harus terbang sebebas-bebasnya”. Kata-kata itu adalah pemberi semangat bagi para perempuan . Saat ini, surat itu bisa jadi penyemangat kita semua di tengah pandemi seperti ini. Bekerja, memberikan pelayan kepada masyarakat, mungkin itu yang bisa kita berikan .

Kado untuk ibu Kartini

Dari kami Kartini – Kartini Kelurahan Kanigoro

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →