PODCAST, MEDIA SIAR DAN PEMBELAJARAN

Akhir – akhir ini, banyak sekali konten kreator maupun influencer yang membuat konten berbasis siaran radio atau sering disebut dengan istilah podcast. Bertempat di GCIO, RTIK Kota Madiun mengadakan Pelatihan Pekan Sinebar Ing Ramadhan (19/4). Pelatihan hari pertama  tentang Podcast Media Siar dan Pembelajaran. Dengan nara sumber Virgo dan Yosep peserta di ajarkan tentang tehnik pembuatan Podcast serta cara membuat konten yang menarik.

Podcast menarik karena terdapat proses diskusi yang terkesan lebih santai di dalamnya. Podcast adalah salah satu media yang banyak mendapat perhatian publik karena terkesan lebih intens dan fleksibel jika dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya. Banyak kelebihan Podcast dimana terdapat banyak pilihan variasi kategori, sehingga pendengar dapat memilih konten sesuai selera dan keinginan.

Di dalam sebuah podcast, tidak menayangkan iklan, berbeda dengan radio yang selalu diselipkan iklan di dalam sebuah siaran langsung. Sehingga pendengar dapat mendengarkan rekaman atau diskusi dengan lebih nyaman dan fokus.

Manfaat yang paling penting yaitu  dapat mendengarkan siaran tanpa batasan waktu dan tempat. Pendengar dapat mengakses ketika berangkat atau pulang kerja, sebelum tidur, atau ketika merasa bosan. Podcast spotify menyediakan fitur yang memungkinkan untuk mengunduh tayangan nanti.

Sejauh ini penulis merasakan manfaat sebuah Podcast untuk Konten Pelayanan Masyarakat, dimana melalui Podcast yang di share melalui grup wa atau media sosial, masyarakat akan mengetahui tentang pengumuman atau segala sesuatu yang ada kaitannya dengan Pelayanan Masyarakat.

Tertarik mencoba?…mariii….😁

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →