Lomba Kebersihan dan Keindahan Makam Tahun 2022

MADIUN – Untuk kali ketiga, Pemkot Madiun melalui Dinas Perumahan Dan Kawasan Perkuminan menggelar lomba kebersihan makam. Penilaian dilakukan mulai Rabu (16/3).

Adapun penilaian hari pertama dilaksanakan di Kecamatan Kartoharjo yang diwakili oleh tiga kelurahan. Yakni, Tawangrejo, Pilangbango, dan Kanigoro.

Dalam lomba kali ini, tiap-tiap perwakilan makam mengangkat tema yang berbeda dan unik. Misalnya seperti makam di Kelurahan Tawangrejo. Mereka menambah kesan horor dengan hiasan hantu khas Indonesia di sekitar makam.

Konsep berbeda ditampilkan Kelurahan Pilangbango. Pengelola mengecat area makam dengan cat warna-warni. Termasuk jalan makam dan pohon di sekitarnya. Juga, memperhatikan kebersihan makam dengan lebih seksama.

Sementara itu, makam di Kelurahan Kanigoro menyediakan lokasi selfie yang dihias dengan payung warna-warni.

PPK Lomba Makam 2022 Afandi mengatakan, lomba kebersihan makam bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi warga Kota Madiun. “Sehingga orang yang berkunjung ke area makam jadi senang dan ahli waris juga ikut senang karena makamnya terawat,” ujarnya.

Dalam kompetisi ini masing-masing kecamatan diwakili oleh tiga kelurahan. Kriteria penilaiannya meliputi kelengkapan administrasi, kebersihan area makam, keindahan, serta swadaya dan inovasi dari masyarakat.

Melalui kegiatan ini, Afandi berharap kebersihan dan keindahan makam di wilayah Kota Madiun bisa senantiasa terjaga. “Serta, menambah keindahan dari Kota Madiun itu sendiri,” tandasnya.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →