BERSIH DESA KELURAHAN KANIGORO, WUJUD SINERGITAS MANUSIA DAN ALAM

Kanigoro- Manusia dan alam merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Hubungan dua elemen itu, seakan tak bisa lepas satu sama lain. Namun, dalam perkembangan manusia modern, alam banyak yang rusak, sampah dimana-mana, berimplikasi kepada banyaknya bencana alam yang memakan banyak korban jiwa. Disinilah diperlukan kesadaran ekologis manusia untuk paham dengan alam. Manusia yang secara sadar peduli dengan alam. Hal ini terbukti dengan adanya ritual bersih desa, sebagai bentuk atau wujud penghormatan manusia terhadap alam.

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat . Di Jawa khususnya, ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa di Jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. Ritual Bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang. Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun yang ditentukan hari nya, dimana merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.

Ritual Bersih Desa tidak selalu sama di setiap daerah atau desa karena memang leluhur yang membawa tradisi tersebut berbeda di setiap daerah. Oleh karena itu upacara adat yang dilaksanakan pun berbeda tergantung pada leluhur siapa yang disakralkan. Hari-hari pelaksanaannya pun berbeda.

Ritual Bersih Desa diawali dengan selamatan untuk mengucap syukur di Gedung Kelurahan Kanigoro dilanjutkan dengan upacara adat yang dilaksanakan di Makam Eyang Pingi sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan YME atas kesejahteraan dan kesehatan yang diberikan kepada warga desa, upacara adat ini berupa selamatan (genduri) bersama Kelurahan dengan Warga, dilanjutkan dengan pegelaran kesenian, sebagai lambang kemakmuran agar terus bersemayam di Kelurahan Kanigoro.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →