DESTINASI WISATA MAKAM KOJO, PADA LOMBA KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN MAKAM TINGKAT KOTA MADIUN TAHUN 2024

Destinasi Wisata Makam Kojo woww.. Siapa bilang makam itu menakutkan ? Itu tidak terjadi di Makam Kojo Kanigoro. Ya… saat ini Lomba Kebersihan Makam kembali digelar. Tahapan lomba sudah sampai penilaian di tingkat Kota Madiun. Seperti yang terlihat di Makam Kojo Kelurahan Kanigoro Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun, Senin ( 19/2 ).

Tim penilai yang terdiri dari Budayawan, PKK dan Media, berkeliling untuk melakukan penilaian. Setiap kelurahan memang setidaknya memilih satu makam untuk diikutkan perlombaan, untuk Kelurahan Kanigoro memilih Makam Kojo untuk diikutsertakan Lomba Kebersihan dan Keindahan Makam. Makam Kojo memang indah dengan nuansa warna ceria dengan hiasan lampion di sisi kanan kiri jalan menuju makam, serta hiasan caping dan kendi yang mempunyai filosofi. Terdapat pula spot selfie yang memanfaatkan barang bekas berbentuk cinta. Love ini peace…karena meskipun beliau yang dimakamkan telah berada dalam keabadian, namun para ahli waris tetap memberlakukan dengan penuh rasa cinta.

Penilaian memang bukan sekedar kebersihan, tetapi juga inovasi yang dimunculkan. Makam Kojo juga sarat inovasi mulai dari “Kebun Petik Sendiri” dimana pengurus Makam Kojo memanfaat kan lahan dengan menanami sayuran dan toga, misalkan kacang panjang, lombok, timun sehingga pada saat panen, warga bisa memetik sendiri, tentunya dengan harga dibawah harga pasar .

Keberadaan Makam Kojo semakin hari semakin teduh, dikarenakan ada bantuan dari CSR berupa pohon produktif, yaitu belimbing, jeruk, rambutan dan kelengkeng . Alangkah indahnya jika dikemudian hari bisa dijadikan wisata petik buah sendiri . Hal itu penting agar makam tetap terjaga dan terawat ke depannya. Makam yang indah bisa menjauhkan makam dari kesan angker sehingga muncul kesenangan untuk berziarah.

Makam Kojo juga semakin indah, ini dikarenakan partisipasi dari warga sekitar yang ikut berperan aktif menanami ” sekaran ” atau bunga mawar, bunga melati yang biasa untuk bunga tabur saat ziarah makam. Untuk ini pun juga ada inovasi warga berupa ” Minuman Bunga Telang ” yang tumbuh subur bukan hanya di sekitar Makam Kojo, namun juga di pekarangan warga. Minuman Bunga Telang Produk Jeng Marni sudah populer, sebagai minuman yang bisa untuk membuat kesegaran tubuh dan diyakini mempelancar pencernaan.

Penasaran kan …seperti apa Makam Kojo Kelurahan Kanigoro….yukk monggo mampir.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →