Ingin Dukung Madiun dan Indonesia di Kancah Penghargaan WSIS PBB ? Begini Caranya

Madiun – Kiprah Madiun di  kompetisi tingkat dunia ternyata belum usai.  Untuk kedua kalinya, Madiun  masuk sebagai nominator pada ajang penghargaan WSIS Prize melalui kategori dan inisiatif yang sama, yakni Talkshow Literasi TIK Suara Madiun di kategori Media. Pada WSIS Prize 2021 ini, pada tanggal 1 Maret kemarin sudah diumumkan 20 nominator di masing-masing kategori.

Apa Itu WSIS Prizes?

World Summit on the Information Society (WSIS) adalah sebuah forum tingkat tinggi dunia, yang didirikan guna mendukung pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG), dengan mendorong perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Forum yang berlangsung setiap tahun ini diselenggarakan oleh PBB melalui host tetapnya yakni International Telecommunication Union (ITU).

Setiap tahun, WSIS Forum mengadakan ajang WSIS Prizes untuk memberikan penghargaan bagi proyek-proyek TIK dari berbagai belahan dunia. Tahun ini, WSIS Prizes mengeluarkan 18 kategori nominasi yang berkaitan dengan TIK.

Sistem Penilaian WSIS Prizes

Penilaian dalam ajang WSIS Prizes terbagi dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama, para pegiat TIK dari seluruh dunia dipersilakan untuk mengajukan proyek TIK-nya ke ajang WSIS Prizes. Kemudian, komite WSIS akan memilih masing-masing 20 nominasi proyek untuk setiap kategori yang ada.

Pada tahap selanjutnya, komite WSIS akan mengadakan pemungutan suara publik atau voting secara daring untuk memilih proyek yang dinominasikan. Dari tahapan ini akan disaring lima proyek per kategori dengan suara terbanyak.

Kemudian, kelompok pakar TIK akan kembali melakukan proses seleksi untuk memilih proyek terbaik dari masing-masing kategori. Terakhir, para pemenang akan diumumkan di acara puncak, berupa upacara pemberian hadiah pada 18 Mei 2021 mendatang.

Yuk, Ikut Dukung Madiun di Ajang WSIS Prizes

Saat ini, WSIS Prizes telah mengumumkan nominasi dari masing-masing kategori penghargaan. Sedangkan tahap pemungutan suara publik berlangsung pada 1-31 Maret 2021. Kita dapat ikut memberikan suara untuk program Talakshow  Literasi TIK Suara Madiun dan inisiatif dari Indonesia lainnya  dengan cara berikut:

Atau,

  • Buka tautan http://s.id/pilihmadiun
  • Kamu akan masuk ke laman log in. Untuk pengguna baru, kamu dapat klik register as a new user.Jika tahun sebelumnya kerabat semua sudah pernah vote, kerabat hanya tinggal log-in
  • Setelah itu, kembali pada laman voting dan dukung nominasi pilihanmu dengan klik Vote For This Project. Jangan lupa untuk memilih Talkshow Literasi Teknologi Informasi Komunikasi Suara Madiun ( Voice Of Madiun Literacy ICT Talkshow ) – RTIK Madiun pada kategori AL C9. Media
  • Silakan vote seluruh project Indonesia pada kategori yang ada (satu kategori hanya boleh dipilih satu project). Pada kategori yang tidak ada dari Indonesia, jangan dikosongkan, silakan pilih salah satu yang menurut Anda paling baik.
    Sebab bila dikosongkan (tidak memilih project), maka vote Anda pada seluruh kategori yang lain akan dianggap tidak berlaku alias hangus.
  • Nominasi WSIS Prizes 2021 dari Indonesia:*AL C2. Information and communication infrastructure*JakWIFI – Jakarta Smart City (JSC)*AL C6. Enabling environment*Pandu Digital Indonesia – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo RI)*AL C7. E-government*Jakarta Kini – – Jakarta Smart City (JSC)*AL C7. E-health*Bullyid App (Indonesia’s first online emotional and legal support for cyber harassment & mental health issues) – Bullyid Indonesia*AL C7. E-agriculture*Leveraging Information and Communication Technology for Irrigated Agricultural Information – 8villages*AL C8. Cultural diversity and identity, linguistic diversity and local content*– “ngabuburit online “with the theme of Downloading Blessings of Ramadan“ – RTIK Bojonegoro– OLASKEMBAR – RTIK Blitar*AL C9. Media*Talkshow Literasi Teknologi Informasi Komunikasi Suara Madiun ( Voice Of Madiun Literacy ICT Talkshow ) – RTIK Madiun
  • Selesai!

Jika bingung, sudah pernah di buat panduan cara vote :

Cara memilih
https://youtu.be/cJkveRtjHp4

Yuk, kerabat Madiun ambil bagian untuk menjaga agar merah putih tetap berkibar di mimbar internasional  melalui kompetisi WSIS Prize 2021 ini. Dengan memberikan vote kepada AL C16 . Media yakni Talkshow Literasi TIK dan inisiatif Indonesia lainnya. ( yrs)

NB. Informasi tentang Kampanye Dukungan Madiun dan Indonesia untuk WSIS Prize 2021 dapat menghubungi Yosep Rusfendi (08996683987)

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →