Destinasi wisata Makam Kojo

Kanigoro– Destinasi Wisata Makam Kojo waww.. Siapa bilang makam itu menakutkan ? Itu tidak terjadi di Makam Kojo Kanigoro. Ya… saat ini Lomba Kebersihan Makam kembali digelar. Tahapan lomba sudah sampai penilaian di tingkat kecamatan. Seperti yang terlihat di Kecamatan Kartoharjo khusus nya di Kelurahan Kanigoro, Rabu (24/1).

Tim penilai yang terdiri dari perwakilan Budayawan, LSM dan perwakilan PKK keliling untuk melakukan penilaian. Setiap kelurahan memang setidaknya memilih satu makam untuk diikutkan perlombaan, untuk Kelurahan Kanigoro memilih Makam Kojo untuk diikutsertakan Lomba Kebersihan Makam. Makam Kojo memang indah dengan hiasan lampion di sisi kanan kiri jalan menuju makam, serta hiasan caping dan kendi yang mempunyai filosofi. Terdapat pula spot selfie yang memanfaatkan barang bekas berbentuk cinta. Love ini peace…karena meskipun beliau yang dimakamkan telah berada dalam keabadian, namun para ahli waris tetap memberlakukan dengan penuh rasa cinta.

Penilaian memang bukan sekedar kebersihan, tetapi juga inovasi yang dimunculkan. Mulai dari hal yang sederhana seperti saluran air hingga inovasi dalam hal pengelolaan anggaran makam. Hal itu penting agar makam tetap terjaga dan terawat ke depannya. Makam yang indah bisa menjauhkan makam dari kesan angker sehingga muncul kesenangan untuk berziarah.

Lurah Kanigoro, Dyah Ayu Nawang Wulan menyebut keberadaan Makam Kojo semakin indah dari tahun ketahun karena adanya lomba makam. Selain itu partisipasi warga untuk mendukung keindaham lomba juga sangat antusias. Semoga bisa mendapatkan nilai maksimal pada lomba kali ini.

About ester krist

Ester Kristanti

View all posts by ester krist →